> | | > Mengenal Sejarah Hipnotis (Hipnotis Surabaya Jakarta)

Mengenal Sejarah Hipnotis (Hipnotis Surabaya Jakarta)

| Comments Off

Apakah hipnotis itu sebenarnya?


Kata - kata Hipnosis itu sendiri berasal dari “hypnos” yang memiliki arti dewa tidur bagi orang yunani.
Tapi perlu dimengerti juga bahwa kondisi terhipnotis bukan sama halnya dengan keadaan tidur pada biasa. Jika Orang yang sedang tidur tidak menyadari dan tidak dapat mendengar suara-suara disekelilingnya. Sedangkan orang yang ada di kondisi hipnosis, walaupun fisiknya beristirahat (hampir seperti tidur), namun orang tersebut masih bisa mendengar dengan jelas dan merespon informasi yang diterimanya. Dengan kata lain jika orang dalam keadaan hipnosis maka orang tersebut masih sangat sadar.

Sebagian masyarakat kita masih “apriori dan skeptis” dengan hipnosis, karena dikira semacam ilmu ghaib, klenik, bahkan disamakan dengan gendam dan kejahatan lainya yang menggunakan ilmu abu - abu semacam itu, maka logis apabila ada yang “menjauhi” hipnosis.
Dari kalangan agama, dengan penilaian yang “buru2″ hypnosis diminta agar “dijauhi” bahkan “dimusuhi”. Untuk mengembalikan potret dan citra hypnosis ke identitas asalnya.

Penggalian hypnosis secara ilmiah yang pertama oleh Franz Anton Mezmer (1734 – 1815), saat itu masih disebut sebagai magnetisme (metode penyembuhan dengan menjalankan lempengan logam ke tubuh pasien untuk melancarkan aliran universal).
Marquis de Puysegur (1781 – 1825), mendapati subyek yang “tertidur” tetapi seolah sadar.
Joseph Philippe Francois Deleuze (1753 – 1835) menemukan bahwa sugesti yang diberikan kepada subyek selama kondisi trance terus terbawa hingga saat subyek tersadar.
Kata / istilah “hypnotis” pertama digunakan oleh James Braid (1796 – 1860).
Seorang dokter bedah James Esdaile (1808 – 1859) mempraktekkan Mezmerisme untuk profesinya. Di India, ketika itu, dia melakukan lebih dari 3000 operasi pasien (para prajurit korban perang) tanpa menggunakan obat bius (karena kurangnya stock anestesi). Umumnya operasi tanpa obat bius mengakibatkan 50 % pasien meninggal dunia. Esdaile membuktikan bahwa hypnosis dapat meminimalkan pendarahan dan mengembangkan resistensi tubuh terhadap infeksi, sehingga kematian pasien dapat ditekan menjadi hanya 5 % saja.
Dr. Jean Martin Charcot (1852 – 1893), seorang neurologist juga populer karena mengembangkan hypnosis dalam bidang kedokteran.
Th 1823 – 1904 Dr. Libeault menemukan teknik menginduksi dengan menggerakkan tangan didepan wajah atau dengan menempelkan tangan didahi pasien.
Dr. Hippolyte Bernheim (1904 – 1919) seorang neurologist Perancis yang sangat terkenal mendirikan klinik hypnotherapy di Nancy Perancis dan mengobati lebih dari 12.000 orang pasien.
Bernheim telah dapat membuktikan hypnosis tidak berbahaya dan dapat dilakukan pada orang normal dan sehat.
Kemudian th 1856 – 1939 Dr. Sigmund Freud neurolog & psikolog terkenal di Austria, menggunakan hypnosis sebagai alat psikologis penyembuhan gejala neurosis. Freud menginduksi hanya dengan menggunakan kata2.
Sbb sejarah penting Hypnotherapy :
1. Pencabutan gigi pertama menggunakan hypnosis th 1823
2. Proses melahirkan menggunakan hypnosis (hypnobirthing) th 1826
3. Selama Perang Dunia I dan II hypnosis sangat banyak membantu dalam perawatan & pengobatan korban perang, terutama para prajurit.

Tokoh dan Sejarah Hypnosis Show

Hypnosis Show adalah salah satu aplikasi dalam dunia hipnosis dulu sering di sebut dengan stage hypnosis (hipnotis panggung) tapi karena ilmu hypnosis dan teknikya sudah sangat berkembang, ada juga menyebutnya Comedy hypnosis (hipnotis untuk lucu-lucuan) atau street hypnosis (hipnotis di jalanan) semua tergantung dengan lokasi permainannya.

Tujuan utamanya adalah untuk sekedar hiburan, karena berhubungan dengan entertaint maka Stage Hypnosis atau lebh di kenal dengan istilah hipnotis panggung. Ditambah lagi banyaknya acara stage hypnosis yang di tampilkan pada Media Masa telah menjadikan stage ypnosis berkembang pesat hingga saat ini.

Stage Hypnosis mulai membooming sejak tahun 1950an di Amerika, popularitas hipnotis panggung ini tak terlepas dari pertunjukan-pertunjukan yang pernah di mainkan oleh salah seorang Tokoh Hypnosis Dunia yakni:... Segera ikuti pelatihan kami Hipnotis yang kami adakan silahkan >> klik di sini <<


keyword: "hipnotis, belajar hipnotis, meta hipnotis hipnosis, Belaja hipnotis Denpasar  Yogyakarta, Hipnotis Jakarta Surabaya "